Minggu, 05 April 2009

Serba-serbi garam

Bumbu dapur yang satu ini, ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap makanan. Butiran halus beryodium ini, juga memiliki berbagai macam manfaat, yang sangat bermanfaat untuk anda.

1. Misalnya membuat buah tetap segar setelah dipotong. Biasanya ada beberapa buah yang setelah dipotong, warnanya akan berubah menjadi kecoklatan. Seperti apel, pepaya atau nanas. Daripada tidak dimakan dan akhirnya dibuang karena warnanya sudah tidak menarik, ayo kita cegah warna coklat ini muncul di buah-buah tersebut. Campur semangkok air matang dengan 1sdt garam halus, aduk. Sesaat setelah buah dipotong, segera masukan potongan buah kedalam air garam. Rendam sebentar, dan angkat. Potongan buah anda akan tetap segar dan warnanya tidak berubah.

2. Selain buah-buahan, Larutan garam juga bermanfaat untuk mencuci sayuran. Rendam sayuran ke dalam air yang sudah dilaruti garam, selama beberapa saat. Kotoran-kotoran yang menempel di sayuran, akan lebih mudah terlepas. Sayur pun siap untuk dimasak.

3. Jika biasanya kita mendengar pepatah ”Ada gula ada semut”, maka garam adalah kebalikan dari pepatah tersebut. Garam ternyata bisa digunakan untuk mengusir semut. Anda cukup menaburkan sejumput garam di dekat tempat penyimpanan makanan, atau di sudut-sudut dapur anda.

4. Serbuk halus berbentuk kristal putih ini pun ternyata bisa menghilangkan lemak dari dapur anda, seperti panci, piring, dan lain-lain. Cukup taburi kain lap dengan garam, lalu langsung lap bagian yang berlemak. Lakukan hingga lemak menghilang, lalu bilas. Peralatan dapur anda, akan terbebas dari lemak.

5. Terkadang kebiasaan kita menikmati kopi atau teh di cangkir, menyebabkan cangkir tersebut bertanda seperti ini. Cangkir kita jadi tidak cantik lagi yah. Tanda seperti ini akan susah hilangnya jika dicuci dengan sabun biasa. Maka itu, kita akan menggunakan garam. Taburkan diatas spon secukupnya. Gosokan dengan gerakan memutar pada tanda tersebut. Cangkir anda cantik seperti baru.

Bagi anda yang berkacamata, terkadang dengan tingginya aktivitas, kita dengan tidak sengaja menyentuh lensa kacamata. Tentunya hal ini akan menyebabkan lensa kacamata menjadi kotor dan pandangan pun menjadi tidak nyaman. Dibersihkan dengan lap pun belum tentu menjadi bersih kembali. Nah agar lensa menjadi bersih kembali, gunakan air hangat, tambahkan garam secukupnya, aduk sebentar, lalu rendam kacamata beberapa saat. Angkat kacamata dengan hati-hati, keringkan airnya dengan lap. Lensa kacamata anda akan terlihat seperti baru.

Tips yang satu ini, akan membantu anda menjadi lebih relaks setelah menjalani berbagai aktivitas. Siapkan segelas susu putih hangat, tambahakan satu sendok teh garam kedalamnya. Sekarang anda siap untuk beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar