Minggu, 05 April 2009

Manfaat kulit jeruk


Buah jeruk memang disukai segala usia, selain rasanya yang manis, buah yang mengandung vitamin c ini memiliki aroma sedap, tak heran banyak sekali pewangi ruangan ataupun sabun yang beraromakan jeruk.

1. Ada cara yang mudah untuk membuat pengharum ruangan beraroma jeruk. Caranya, rebus kulit jeruk dengan air secukupnya sampai mendidih. Tunggu air rebusannya dingin, lalu masukan ke dalam semprotan. Semprotkan air rebusan tersebut ke ruang tamu atau ruangan lainnya. Aroma jeruk nan segar akan menemani waktu santai di rumah.

2. Anda punya perabot kayu di rumah? Nah kulit jeruk juga bermanfaat untuk menjaga kualitas perabot yang terbuat dari kayu. Jadi setelah kulit jeruk sudah tidak terpakai, jemur hingga kering. Setelah itu, rebus kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Air rebusannya bisa dimasukan ke alat semprotan. Sekarang tinggal disemprotkan ke furnitur yang terbuat dari kayu. Lalu lap dengan kain hingga mengkilap. Furnitur kayu pun akan awet dan terjaga keindahannya. Air semprotan ini juga bermanfaat untuk mengkilapkan kaca. Cukup semprotkan dan lap dengan kain lap kering. Selain beraroma jeruk, kaca juga bersih.

3. Selain sebagai pengharum ruangan, air rebusan ini bisa juga digunakan untuk mengharumkan air mandi. Cukup dengan mencampurkan air rebusan tersebut ke dalam bak mandi. Bau tak sedap dalam bak mandi pun akan hilang dan air pun akan harum aroma jeruk.

4. Oh iya pemirsa, karena tidak mengandung bahan pengawet, maka air rebusan kulit jeruk ini jangan disimpan terlalu lama. Lebih baik langsung digunakan setelah anda merebusnya.

5. Kulit jeruk ternyata juga bisa bermanfaat di dalam mobil. Jika di dalam mobil anda tercium bau asap rokok yang sangat mengganggu, maka cara ini bisa anda coba. Caranya sangat mudah. Cukup letakan beberapa lembar kulit jeruk di sudut-sudut bagian dalam mobil. Biarkan saja selama beberapa hari hingga mengering. Mobil anda akan beraroma jeruk dan tentunya cara ini tidak membuat anda alergi.

6. Jeruk memang terkenal dengan Vitamin C-nya yang berkhasiat untuk kesehatan. Tapi tahukan anda bahwa kulit jeruk bermanfaat untuk kecantikan, terutama untuk menyegarkan wajah yang kusam? Caranya, tusuk-tusuk beberapa lembar kulit jeruk dengan menggunakan garpu. Masukan kulit jeruk yang sudah ditusuk-tusuk ke dalam air hangat, lalu rendam selama satu malam. Setelah itu, basuh air rendaman ke wajah yang telah dibersihkan. Keringkan wajah dengan handuk. Kotoran dan sel-sel kulit di wajah akan hilang bersamaan dengan air rendaman kulit jeruk. Wajah kembali segar, tentunya dengan cara yang mudah dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar