Selasa, 28 April 2009

Tips mengusir hewan dan serangga pengganggu


Hewan atau serangga yang sering berkeliaran di rumah, seperti tikus, semut, kecoa, nyamuk dan yang lainnya, memang sangat mengganggu. Selain bisa membawa bermacam penyakit, hewan dan serangga ini juga sangat mengganggu kenyamanan rumah. Memang banyak obat pestisida yang bisa dibeli di toko-toko. Tapi obat-obat ini tentu banyak mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan. Karena itu, kita coba saja cara alami yang bisa mengusir hewan atau serangga pengganggu di rumah.

1. Memang ada banyak cara membunuh tikus, seperti menggunakan perangkap atau lem tikus. Tapi daripada membunuh, lebih baik kita usir saja. Kita bisa menggunakan buah mengkudu. Potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Jangan lupa memakai sarung tangan saat memotong, karena getah mengkudu bisa menyebabkan tangan gatal-gatal. Kemudian letakan potongan-potongan mengkudu tadi, di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Biasanya tikus akan pergi menjauh dari rumah karena bau yang dihasilkan buah mengkudu.

2. Untuk mengusir kecoa, yang anda perlukan adalah kain kasa, karet gelang dan beberapa butir merica. Tumbuk merica hingga halus. Masukan ke dalam kain kasa dan ikat dengan karet. Sekarang, tinggal meletakannya di tempat-tempat biasanya kecoa muncul atau bisa juga diletakan di tempat menyimpan makanan.

3. Kecil dan bergerombol. Itulah semut. Serangga yang menyukai aroma manis ini sangat mudah dan cepat ditemui di tempat-tempat yang terdapat makanan yang manis. Untuk mencegah semut datang lagi, coba cara mudah berikut. Peras beberapa buah jeruk nipis. Celupkan kain lap kering ke air perasan jeruk nipis, kemudian oleskan di tempat anda menaruh makanan, atau jalur yang biasanya dilewati semut.

4. Hewan serangga yang satu ini bisa menyebabkan penyakit demam berdarah. Ya, nyamuk. Untuk mengurangi nyamuk dirumah, anda bisa menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk, atau menggunakan raket nyamuk. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih alami untuk mengurangi nyamuk di rumah. Jika anda mempunyai persediaan bawang putih di rumah, ambil beberapa siung, letakan di piring kecil, dan letakan di sudut-sudut ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar