Kamis, 16 April 2009

Cara Hemat Menyuburkan Tanaman

Bercocok tanam memang menyenangkan. Selain bisa memperindah pekarangan rumah, bercocok tanam juga bisa membuat udara di rumah kita menjadi lebih segar. Bila tanaman tumbuh subur, tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri. Untuk menjaga kesuburan tanaman, sering kita membeli pupuk tanaman. Tapi tahukah anda, ada cara praktis, mudah dan hemat, agar tanaman tumbuh subur?

1. Jika anda penggemar teh, setelah minum teh, ampasnya jangan dibuang, anda bisa menggunakan ampas teh untuk menyuburkan tanaman di pekarangan rumah. Caranya mudah, taburkan ampas daun teh ke tanah di pot tanaman, sambil agak ditekan-tekan.

2. Cara hemat lain untuk menyuburkan tanah adalah dengan menggunakan air sisa cucian beras. Air cucian beras berkhasiat untuk menyuburkan tanaman karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, yang bisa menyuburkan tanaman. Lakukan secara rutin, agar tanaman tumbuh subur.

3. Bahan penyedap makanan atau Msg juga bisa kita manfaatkan sebagai penyubur tanaman. Tuangkan 1 sendok teh Msg ke bagian tanah tanaman. Tuang air secukupnya hingga Msg menyerap. Lakukan hal ini seminggu sekali. Tanaman anggrek juga bisa subur dengan Msg. Campur Msg ke dalam semprotan yang sudah diisi air, kemudian tutup botol semprotan dan guncang-guncangkan agar Msg tercampur rata. Setelah itu anda bisa menyemprotkanya ke tanaman anggrek anda. Lakukan penyemprotan 3 bulan sekali.

4. Anda memiliki banyak sisa obat-obatan di rumah? Jangan dibuang dulu. Jika sudah tidak dikonsumsi dan sudah kadaluarsa, lebih baik dihancurkan saja dengan ditumbuk-tumbuk, lalu ditaburkan di tanaman. Obat-obat kadaluarsa ini dapat menyuburkan tanaman.

5. Bubuk agar-agar yang sering digunakan untuk membuat agar-agar pun bermanfaat sebagai penyubur tanaman. Caranya, larutkan 1-2 sendok serbuk agar-agar, ke dalam segelas air panas. Aduk hingga larut. Pindahkan ke wadah yang lebih besar, lalu tambahkan 3 gelas air dingin. Aduk kembali hingga rata. Siramkan pada tanaman anda. Lakukan hal ini rutin, setiap seminggu sekali.

6. Bawang merah ternyata tidak hanya lezat digoreng. Ternyata kulitnya bisa bermanfaat untuk menyuburkan tanaman. Saat anda mengupas bawang merah, kulitnya jangan dibuang. Kumpulkan dan rendam di dalam air secukupnya semalaman. Keesokan harinya, anda tinggal menyiramkan air tersebut bersama kulit bawang merah, ke tanaman anda.

7. Selain kulit bawang merah, kulit telur juga berkhasiat untuk menyuburkan tanaman. Setelah mengupas telur, kulitnya jangan dibuang. Masukan kedalam plastik lalu remas-remas seperti ini hingga hancur. Setelah itu, tinggal ditaburi di bagian pot tanaman.

1 komentar:

  1. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus