Selasa, 07 April 2009

Bunga kertas cantik


Bunga mengungkapkan banyak makna. Di hari kasih sayang, bunga menjadi simbol cinta kasih kepada orang-orang tercinta. Untuk memberikan bunga, biasanya kita membeli bunga di toko. Baik itu bunga segar maupun bunga palsu. Nah, di House & Living edisi Valentine kali ini, kita akan membuat bunga cantik, dari kertas bekas.





Bahannya antara lain;

- Kertas bekas

- Spidol

- Penggaris

- Gunting

- Tali rafia

- Cat semprot

1. Buat kotak-kotak pada kertas berbentuk bujursangkar, dengan ukuran 10x10cm. Anda bisa memperbesar atau memperkecil ukuran, sesuai dengan selera. Gunting kertas sesuai garis dan ukuran yang sama sebanyak 15 buah.

2. Langkah selanjutnya kita akan melipat kertas tersebut. Pertama-tama lipat kertas menjadi dua bagian. Buka kembali lipatan dan lipat sisi-sisi kertas ke tanda yang tadi dibuat. Lipat menjadi bentuk segitiga di keempat bagian ini. Lalu lipat memanjang di kedua sisi ini. Lipat semua kertas hingga kita memiliki 15 buah kertas lipat segitiga.

3. Setelah selesai, gabungkan tiga menjadi satu, dengan salah satu segitiga menghadap ke arah berlawanan. Lalu lipat seperti ini. Lakukan hingga menjadi lima bagian, yang masing-masing terdiri dari 3 segitiga.

4. Sekarang gabungkan kelima bagian. Lalu ikat dengan tali rafia dengan kencang. Tali rafia ini bisa diganti dengan kawat tipis atau pengikat lain yang tidak tebal. Setelah terikat kencang, renggangkan seperti ini. Hati-hati, agar ikatan tetap berada di tengah-tengah.

5. Kini kita akan membuat mahkota bunga. Lipat salah satu bagian seperti ini. Lakukan lipatan secara selang seling. Setelah selesai, lakukan kembali pada bagian lain yang tadi diselingi. Setelah selesai, lipat semua bagian yang belum dilipat, hingga menyisakan bagian yang menghadap ke arah berlawanan.

6. Bagian yang tersisa ini akan menjadi kelopak bunga. Tekan-tekan ke bawah seperti ini. Bunga kertas cantik tinggal anda beri warna dengan cat semprot. Setelah kering dapat anda kreasikan dengan memberi tangkai bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar