Minggu, 05 April 2009

Manfaat cuka


Cuka sebagai penyedap makanan memang sudah biasa kita dengar. Biasanya para ibu-ibu sangat menggemarinya untuk membuat asinan. Cairan bening mengandung asam asetat ini, memang terkenal dengan rasanya yang masam.

Tapi kalau cuka kita gunakan untuk pekerjaan rumah tangga, mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Apa saja kegunaan cuka selain sebagai penyedap makanan?


1. Bila lantai keramik di rumah anda warnanya sudah kusam, kita bisa menggunakan cuka agar warnanya kembali cemerlang. Caranya, tuangkan cuka ke lantai yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 5 menit, lalu basuh dengan kain pel hingga larutan cuka terangkat. Bersihkan kembali dengan air, agar bau cuka hilang. Nah lantai keramik anda kembali cemerlang.

2. Selain bermanfaat untuk lantai keramik, cuka pun bermanfaat untuk menghilangkan karat dari benda-benda yang terbuat dari logam. Cukup campurkan satu sendok makan cuka dengan satu sendok teh garam. Gunakan lap kering untuk menggosokan larutan ke bagian yang berkarat. Lakukan hingga karat pada logam menghilang, kemudian bersihkan dengan air dan segera keringkan. Benda logam anda akan terbebas dari karat dan mengkilap seperti baru.

3. Nah, manfaat cuka yang berikut ini, bisa menghemat pengeluaran ibu-ibu, karena tidak perlu membeli pelembut pakaian. Kita bisa menggantikannya dengan cuka. Caranya tinggal menuangkan setengah cangkir cuka ke dalam seember cucian yang sudah diberi deterjen. Selain melembutkan, cuka juga bisa membuat deterjen bekerja lebih efektif. Jangan khawatir pakaian anda tercium bau cuka, karena baunya akan menghilang saat pakaian mongering. Cara yang hemat dan mudah bukan?

4. Saluran pipa wastafel ibu tersumbat? Tidak perlu memanggil tukang ledeng. Coba campurkan setengah sendok cuka dengan setengah sendok baking soda. Larutkan dengan air panas. Aduk dengan sendok hingga merata, kemudian siramkan ke lubang pembuangan. Tambahkan takaran cuka dan baking soda, bila pipa wastafel anda berukuran lebih besar. Nah, sekarang aliran air di wastafel anda mengalir dengan lancar.

5. Bau cuka yang menyengat juga bisa bermanfaat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bau rokok. Jika ruangan tamu anda berbau rokok, letakan larutan air cuka secukupnya di dalam wadah, dan letakan di sudut ruangan. Bau rokok akan hilang dan udara kembali segar.

6. Selain untuk keperluan rumah tangga, ternyata cuka juga bermanfaat untuk kesehatan. Jika anda terserang demam atau flu, coba campurkan setengah cangkir air hangat, dengan satu sendok makan air cuka, dan satu sendok makan madu. Segera minum saat hangat, Demam anda pun segera berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar