Minggu, 05 April 2009

Menata makanan di lemari es


Lemari es atau kulkas saat ini memang umum terdapat di setiap rumah. Fungsinya cukup penting, yaitu untuk menyimpan makanan, buah-buahan, sayuran, dan lainnya, agar lebih tahan lama dan segar saat dikonsumsi. Selain itu juga untuk menyimpan sisa makanan yang masih layak, agar dapat dimakan lagi keesokan harinya.

Terkadang karena kesibukan sehari-hari, yang kita lakukan hanya menumpuk makanan, buah-buahan, bahan makanan dan lainnya, di dalam lemari es. Kita lupa akan kebersihan kulkas dan kehigienisan makanan yang kita simpan. Alhasil, jika makanan sudah tidak higienis, pasti akan kita buang dengan cuma-cuma.

Nah agar makanan bisa tahan lama dan tetap higienis, lebih baik kita rapikan isi lemari es, dengan menatanya. Peralatan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan. Seperti tempat makan, rak kecil, gelas plastik, jepitan jemuran dan karton susu bekas.

1. Botol-botol selai, minuman, dan lainnya, tentu tidak luput menghiasi isi kulkas. Biasa kita menyimpan botol-botol ini di pintu lemari es. Tapi jika tempatnya sudah tidak cukup lagi, terkadang kota juga menumpuk-numpuk botol-botol tersebut. Jika tidak hati-hati, bisa saja botolnya jatuh. Nah agar terhindar dari hal tersebut dan tertata dengan rapi, caranya gampang. Cukup memanfaatkan dus susu atau juice seperti ini. Setelah isi nya kosong, dan sudah dibersihkan, gunting di bagian atas dan bawah, juga bagian yang memanjang ini. Potong sampai bisa dibuka. Di celah ini anda bisa meletakan botol-botol sehingga rak lemari es anda akan tertata rapi.

2. Untuk makanan yang memiliki aroma mencolok, lebih baik disimpan di dalam tempat makan tertutup, agar aroma nya tidak menyebar dan membekas di dalam lemari es. Dengan dimasukan ke dalam tempat makan, penataan juga bisa dilakukan lebih mudah, karena kita bisa menumpuk-numpuk makanan, tanpa merusak makanan itu sendiri.

3. Untuk makanan kecil, biskuit dan kue, dan buah-buahan, agar lebih awet dan tahan lama, biasanya kita menyimpannya di dalam lemari es. Tapi karena bentuknya yang beraneka ragam dan ukurannya berbeda-beda, jika kita menaruhnya di rak lemari es, pasti tidak akan rapi. Untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan rak kecil seperti ini. Makanan kecil yang beraneka ragam akan terlihat rapi di dalam rak kecil ini. Juga buah-buahan.

4. Untuk makanan kecil atau bumbu dapur dalam kemasan kecil, seperti susu kental dalam sachet ini lebih baik digantung saja dengan menggunakan jepitan jemuran, di rak pintu lemari es. Dengan begitu, isi di dalamnya tidak akan tumpah dan mengotori lemari es.

5. Gelas plastik juga bisa digunakan untuk menata isi lemari es agar lebih rapi. Manfaatkan gelas plastik ini untuk menaruh kemasan-kemasan mini yang berisi kantung teh, gula, atau garam.

6. Tips untuk anda yang sering menyimpan makanan kaleng atau kemasan botol. Agar kita mengetahui dengan jelas kapan tanggal kadaluarsa dari bahan makanan yang kita simpan, tulis tanggal nya dengan jelas, di atas tutup botol.

Nah, selamat menata isi kulkas anda yah...............

1 komentar:

  1. Kalau ditata mneggunakan display yang dijual para pen jual display cooler lebih mearik kali ya gan. Apalagi buat yang punya toko :D

    BalasHapus