Minggu, 03 Mei 2009

Tips Merawat Microwave


Peralatan elektronik memang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan kita. Misalnya mesin cuci, vacuum cleaner dan microwave. Tapi jika kita tidak merawatnya, bisa-bisa peralatan eletronik ini menghabiskan uang kita karena perlu perawatan ekstra. Daripada mengeluarkan uang untuk merawat peralatan elaktronik saat sudah rusak, maka sebelum rusak, kita rawat dengan baik. House & Living akan membagikan tips merawat microwave.

1. Peralatan dapur yang satu ini memang sangat praktis dan cocok digunakan di jaman instant saat ini. Jika menghangatkan makanan dengan cara lama bisa menghabisakan waktu kurang lebih 15 menit, maka dengan menggunakan microwave hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Karena serba instant, terkadang kita lupa akan kebersihan di dalam microwave. Padahal ini merupakan salah satu penyebab utama kerusakan microwave. Karena jika terdapat sisa makanan di dinding maupun piringan microwave, maka sisa makanan ini dapat menyerap energi yang dikeluarkan gelombang mikro, sehingga dapat terbakar dan menyebabkan kerusakan. Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya bersihkan bagian dalam microwave dengan menggunakan lap kering, setiap kali selesai menggunakan microwave.

2. Untuk sisa-sisa makanan yang susah dibersihkan dan menempel di bagian dalam microwave, anda bisa mencoba cara yang satu ini. Campurkan air panas dan irisan lemon. Panaskan selama beberapa menit di dalam microwave. Uap air akan membuat melunakkan sisa makanan yang menempel di dinding dalam microwave. Selain itu, microwave anda akan harum aroma lemon.

3. Cara lain untuk membersihkan noda membandel di dalam microwave adalah dengan menggunkan serbet basah. Lipat serbet yang sudah dibasahkan, lalu masukan ke dalam microwave dan panaskan selama 30-40 detik. Tunggu hingga serbet hangat, lalu bisa anda gunakan untuk mengelap interior microwave.

4. Perhatikan pula bagian luar microwave. Apakah ada bagian – bagian yang berlubang? Jika ya, segera perbaiki ke ahli nya. Karena jika terdapat celah, maka microwave harus mengeluarkan energi ekstra karena ada energi yang keluar melalui celah.

5. Jangan biarkan microwave menyala tanpa ada makanan di dalamnya. Karena energi panas yang dikeluarkan oleh microwave akan merusak partikel-partikel di dalam microwave itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar