Rabu, 27 Mei 2009

Tips merawat furniture kesayangan


Perabotan atau furnitur memang banyak macam dan jenisnya. Mulai dari kursi, meja, lemari, dan lain-lain. Material dan bentuknya juga bermacam-macam. Dari yang berbahan kayu dan bergaya tradisional, sampai dengan model terbaru. Furnitur – furnitur ini pasti sudah anda tata sedemikian rupa tata letaknya, agar memberikan keindahan di rumah. Tapi sebenarnya jangan tata letaknya saja yang diperhatikan. Namun kebersihannya juga perlu diperhatikan, agar tidak mengurangi keindahan furnitur itu sendiri. Tidak susah kok membersihkan furnitur di rumah. Ikuti tipsnya berikut ini.

1. Perabot yang berbahan kayu harus anda beri perhatian ekstra, karena mudah kusam dan lapuk. Anda juga harus hati-hati membersihkannya karena kayu sangat sensitif dengan bahan kimia. Maka itu, kita bersihkan saja dengan bahan-bahan alami. Campurkan semangkuk air dengan dua sendok makan minyak sayur dan 1 sdt perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata. Celupkan lap kering ke larutan tersebut, dan usapkan pada perabot kayu anda. Agar hasilnya maksimal, lakukan rutin seminggu sekali.

2. Ada cara lain untuk merawat perabot dari kayu. Kali ini kita akan memanfaatkan teh. Celupkan beberapa kantong teh ke dalam semangkuk air panas. Celupkan kain lap ke dalam air teh lalu lap ke permukaan perabot kayu Anda. Kemudian langsung basuh dengan lap kering untuk mengeringkannya.

3. Agar perabot yang terbuat dari kaca terlihat bercahaya, anda bisa menggunakan belimbing wuluh. Potong-potong belimbing wuluh. Usapkan potongan belimbing wuluh tersebut ke permukaan kaca. Biarkan dulu selama beberapa menit. Lalu semprotkan air ke bagian yang diusapkan belimbing wuluh tadi. Kemudian basuh dengan lap sampai cairan belimbing wuluh terangkat. Perabot dari kaca anda, akan berkilau seperti baru.

4. Untuk merawat sofa yang terbuat dari kulit, siapkan sikat gigi bekas atau sikat halus, shampo bayi, dan air secukupnya. Larutkan shampoo bayi dengan air. Aduk hingga berbusa. Celupkan sikat ke dalam larutan lalu anda bisa mulai menggosok sofa. Lakukan hingga kotorannya menghilang. Lap dengan lap kering sampai tidak ada air di sofa.

5. Selain cara tadi, sofa kulit bisa juga dirawat dengan menggunakan pelembab kulit. Keluarkan pelembab ke atas kapas. Oleskan pada sofa kulit anda. Hasilnya, kulit sofa akan tetap terjaga kelembutannya, dan akan lebih bercahaya. Lakukan hal ini tiga bulan sekali.

6. Bila tanpa sengaja anda mencoretkan tinta pada sofa kulit anda, jangan khawatir. Langsung ambil minyak kayu putih. Tuang di kapas, lalu lap ke bagian yang tercoret tinta. Lap hingga tinta terhapus.

7. Untuk membersihkan sofa yang terbuat dari kain, caranya cukup mudah. Anda cukup menggunakan vacuum cleaner. Tapi anda harus melakukannya rutin sebulan sekali, agar sofa kain anda terjaga kebersihannya dan tentunya tahan lama.

8. Hindari meletakkan sofa didekat sumber cahaya yang menyengat. Karena sinar matahari atau lampu yang langsung menyinari sofa, akan membuat warna sofa cepat menjadi kusam. Sinar matahari dan debu bahkan membuat kulit dan pelapis sofa cepat retak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar