Senin, 11 Mei 2009

Cara Tepat Menyimpan Buah


Buah-buahan memang seyogyanya dikonsumsi setiap hari. Karena selain bisa memperlancar pencernaan, tubuh pun menjadi sehat. Karena itu, banyak dari kita yang menyimpan buah di lemari es sebagai persediaan. Tapi sebenarnya tidak semua buah bisa disimpan di dalam lemari es. Dan juga ada trik-trik agar buah yang kita simpan lebih tahan lama. Bagaimana caranya? Berikut, tips cara tepat menyimpan buah.

1. Alpukat biasanya kita beli dalam keadaan yang masih mentah. Dalam keadaan seperti ini, alpukat sebaiknya jangan disimpan di lemari pendingin. Karena dapat menghambat prosesnya untuk menjadi matang. Alpukat yang masih mentah ini, cukup anda letakan di suhu ruangan saja.

2. Cara tepat untuk menyimpan jeruk nipis, adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu. Kemudian keringkan, dan masukan dalam plastik, baru simpan dalam lemari es. Jika anda sudah terlanjur memotong jeruk nipis, simpan dalam bentuk perasan atau air sarinya. Tuang di cetakan es batu lalu bekukan. Air jeruk nipis ini bisa anda simpan sampai 4 bulan.

3. Untuk menyimpan stroberi, siapkan wadah plastik yang sudah dialasi tissue di bagian bawahnya. Masukan stroberi ke dalam wadah. Jangan mencuci buah stroberi terlebih dahulu, karena buah akan menjadi lembek dan berjamur. Tutup rapat. Segera konsumsi stroberi dalam waktu 2 sampai 3 hari. Cuci stroberi saat anda akan menyantapnya.

4. Untuk menyimpan anggur, buang terlebih dahulu kulit yang rusak atau terlalu matang. Kemudian cuci dan keringkan dengan tissue atau angin-anginkan sebentar, baru dimasukan dalam lemari es. Dengan cara ini, anggur bisa tahan sampai 10 hari. Bila ingin anggur tahan lebih lama, simpan di dalam freezer. Dengan dibekukan, anggur bisa tahan sampai 3 bulan.

5. Untuk menyimpan apel dan jeruk, caranya lebih mudah. Tinggal dibersihkan dan simpan dalam lemari es. Namun untuk buah jeruk, masukan dulu ke dalam plastik, baru masukan ke lemari es.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar