Senin, 20 Juli 2009

Tips menyiram tanaman


Menyiram tanaman memang bukan pekerjaan yang susah. Namun harus dilakukan secara rutin, agar kebutuhan tanaman terpenuhi dan dapat tumbuh dengan baik. Bagi anda yang memiliki pot gantung, mungkin sedikit mengalami kesulitan ketika menyiramnya. Atau bagi anda yang jarang berada di rumah, mungkin khawatir tanaman akan menjadi kering karena kekurangan air. Eit, jangan panik dulu karena tips yang berikut ini, akan mambantu anda memecahkan permasalahan tersebut.

  1. Anda punya banyak botol plastik yang tidak terpakai?. Ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air tanaman anda kira-kira selama satu minggu, tergantung dari besar kecilnya botol. Beri beberapa lubang kecil di tutup botol dengan paku. Isi dengan air lalu tutup. Letakan terbalik di tanah. Nah dengan begitu, air akan terus mengalir sedikit demi sedikit. Jika airnya habis, anda tinggal mengisinya kembali.

  1. Sumbu kompor ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengairi tanaman untuk waktu yang cukup lama. Caranya, isi ember dengan air dan letakkan dengan posisi melebihi pot tanaman. Hal ini dilakukan agar sumbu dapat menyerap air. Hubungkan ember dan pot dengan menggunakan sumbu kompor. Nah melalui sumbu ini, air akan terus mengalir sedikit demi sedikit. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir tanamanan akan kekurangan air.

  1. Untuk menyiram pot gantung, terkadang kita harus menurunkan potnya terlebih dahulu, baru disiram. Belum lagi tetesan air yang kita siram akan membasahi lantai. Ada cara yang lebih praktis untuk menyiram tanaman yang digantung. Cukup dengan beberapa buah es batu. Letakan es batu ke tanaman pot gantung anda. Perlahan-lahan es akan mencair dan mengairi tanaman.

  1. Jika alat menyiram tanaman anda rusak, anda tidak perlu membeli yang baru. Karena barang yang tidak terpakai seperti tempat bedak tabur bayi seperti ini, dapat digunakan untuk menyiram tanaman. Bersihkan dulu tempat bedak. Lalu tinggal diisi dengan air. Keluarkan air dengan menekan bagian tengah tempat bedak.

  1. Tips untuk anda. Lakukan kegiatan menyiram tanaman pada sore hari atau malam hari. Karena saat teduh, air akan bertahan lebih lama di tanah dan tanaman. Karena jika kita menyiram saat terik, air akan cepat menguap. Bahkan ada beberapa jenis tanaman yang akan gosong bila disiram saat terik.

1 komentar: