Kamis, 17 September 2009

Tips Merawat Pakaian Berbahan Batik


Pakaian tradisional Indonesia kini sudah menjadi pakaian yang lebih memasyarakat. Ya, batik. Saat ini batik tidak hanya bisa dikenakan untuk acara-acara formal saja. Dengan model dan asesoris yang semakin bervariasi, kini kita bisa lebih bergaya dengan batik.

Kain batik yang berkualitas dibuat secara handmade atau dibuat dengan tangan. Proses pembuatan dan pewarnaan yang tradisional ini, mengharuskan kita, untuk merawat dengan hati-hati. Karena dengan perawatan yang menggunakan bahan kimia, akan merusak kualitas batik itu sendiri. Bagaimana cara yang benar untuk mempertahankan kualitas batik? Berikut tipsnya:

1. Cuci batik dengan menggunakan lerak yang sudah direndam air hangat. Caranya remas-remas buah lerak sampai mengeluarkan busa, lalu tambahkan air secukupnya dan siap untuk mencuci batik. Aroma buah lerak mampu mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak kain.

2. Jangan menggunakan deterjen untuk mencuci batik, karena kandungan kimianya terlalu keras untuk kain dan warna batik. Jika batik sangat kotor, anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur shampo. Caranya larutkan shampo hingga tak ada bagian yang mengental, lalu celupkan kain batik. Namun jika noda masih membandel, hilangkan dengan memberikan perasan kulit jeruk pada noda tersebut

3. Hindari juga mencuci batik dengan menggunakan pemutih atau mengunakan mesin cuci.

4. Setelah selesai mencuci, jemur batik di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Cukup diangin-anginkan atau jemur di tempat yang teduh. Perlu diperhatikan, jangan memeras batik, biarkan saja di jemur dalam keadaan yang masih mengandung banyak air.

5. Jangan menyetrika batik secara langsung. Jika batik sangat kusut, semprotkan sedikit air, lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru disetrika.

6. Hindari menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain batik. Terutama batik sutera, dengan pewarna alami.

5 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  2. Semua postinga artikelnya sangat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. terima kasih. :D

    BalasHapus
  3. Nice share nih juragan.. keep posting, semoga postingannya selalu memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. amiiinnn.. ^_^

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus