Kamis, 17 September 2009

Tips Merawat Kompor Gas


Alat yang satu ini, pasti kita gunakan setiap hari karena fungsinya untuk memasak. Ya, kompor. Seiring perkembangan zaman, kompor yang tadinya menggunakan minyak kini dikonversi menjadi kompor gas. Selain lebih mudah, memasak menggunakan kompor gas juga jauh lebih higienis. Tapi anda juga harus merawatnya lho, karena kompor gas bisa rusak jika tidak dirawat dengan baik. Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut;

1. Selalu ingat untuk membersihkan kompor setelah menggunakannya. Percikan minyak dan bahan makanan saat anda memasak, pasti mengotori bagian badan kompor dan daerah sekitar tungku. Jika tidak segera dibersihkan, noda akan mengeras dan susah dibersihkan.

2. Untuk membersihkan badan kompor, cukup gunakan lap kering. Namun jika ada bekas makanan yang membandel, gunakan lap basah yang diberi sabun. Bersihkan noda makanan lalu lap dengan lap kering.

3. Periksa tabung gas dan regulatornya secara berkala. Perhatikan tekanan yang tertera di regulator dan pastikan regulator terpasang dengan benar.

4. Selain tabung dan regulator, anda juga harus perhatikan selang gas. Pastikan agar selang gas jauh dari permukaan panas, tidak tertekuk dan permukaan luarnya tidak terlihat retak-retak atau ada gigitan tikus. Nah, lebih baik anda menggunakan selang gas yang terbungkus besi seperti ini, agar awet dan tahan terhadap gigitan hewan.

5. Sesekali anda juga harus membersihkan bagian dalam regulatornya. Karena jika kotor, maka akan menghambat penyaluran gas sehingga api tidak akan menyala. Cukup bersihkan dengan tusuk gigi agar kerak yang terdapat di sisi-sisi dalam dapat terkelupas.

6. Jangan biarkan api menyala saat tidak ada alat memasak di atasnya. Jika hal ini terjadi walaupun hanya 5 detik saja, maka akan tercium bau gas di dapur anda.

Nah dengan merawat kompor gas dengan baik dan benar, maka anda bukan hanya menjaga keawetannya saja tapi anda juga menjaga kompor agar terus memiliki api biru.

6 komentar:

  1. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  2. Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    BalasHapus
  3. website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

    BalasHapus
  4. terima kasih atas informasinya. Semua beritanya terlihat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. Terimakasih.

    BalasHapus
  5. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  6. besok sudah datang Idul Adha yang kita tunggu ya gan?? Semoga anda yang beragama islam menjalankan Puasa Arafah hari ini, keep posting, thanks. Salam.

    BalasHapus